Permendiknas 16/2007, Pasal 1 ayat 1
menyatakan "Setiap guru wajib memenuhi standar kualifikasi akademik dan
kompetensi guru yang berlaku secara nasional."
Selanjutnya pada bagian lampirannya, dijelaskan tentang kualifikasi akademik guru dan standar kompetesnsi guru.
A. Kualifikasi Akademik
Kualifikasi akademik guru diperoleh melalui pendidikan formal atau melalui Uji Kelayakan dan Kesetaraan.
1. Kualifikasi Akademik Guru Melalui Pendidikan Formal
Kualifikasi akademik guru pada satuan pendidikan jalur formal mencakup kualifikasi akademik guru pendidikan Anak Usia Dini/ Taman Kanak-kanak/Raudatul Atfal (PAUD/TK/RA), guru sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI), guru sekolah menengah pertama/madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), guru sekolah menengah atas/madrasah aliyah (SMA/MA), guru sekolah dasar luar biasa/sekolah menengah luar biasa/sekolah menengah atas luar biasa (SDLB/SMPLB/SMALB), dan guru sekolah menengah kejuruan/madrasah aliyah kejuruan (SMK/MAK*), sebagai berikut.
Kualifikasi Akademik Guru SMP/MTs
Selanjutnya pada bagian lampirannya, dijelaskan tentang kualifikasi akademik guru dan standar kompetesnsi guru.
A. Kualifikasi Akademik
Kualifikasi akademik guru diperoleh melalui pendidikan formal atau melalui Uji Kelayakan dan Kesetaraan.
1. Kualifikasi Akademik Guru Melalui Pendidikan Formal
Kualifikasi akademik guru pada satuan pendidikan jalur formal mencakup kualifikasi akademik guru pendidikan Anak Usia Dini/ Taman Kanak-kanak/Raudatul Atfal (PAUD/TK/RA), guru sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI), guru sekolah menengah pertama/madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), guru sekolah menengah atas/madrasah aliyah (SMA/MA), guru sekolah dasar luar biasa/sekolah menengah luar biasa/sekolah menengah atas luar biasa (SDLB/SMPLB/SMALB), dan guru sekolah menengah kejuruan/madrasah aliyah kejuruan (SMK/MAK*), sebagai berikut.
Kualifikasi Akademik Guru SMP/MTs
Guru pada
SMP/MTs, atau bentuk lain yang sederajat, harus memiliki kualifikasi akademik
pendidikan minimum diploma empat
(D-IV) atau sarjana (S1) program
studi yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan/diampu, dan diperoleh
dari program studi yang terakreditasi.
2. Kualifikasi Akademik Guru Melalui Uji Kelayakan dan Kesetaraan
Kualifikasi akademik yang dipersyaratkan untuk dapat diangkat sebagai guru dalam bidang-bidang khusus yang sangat diperlukan tetapi belum dikembangkan di perguruan tinggi dapat diperoleh melalui uji kelayakan dan kesetaraan. Uji kelayakan dan kesetaraan bagi seseorang yang memiliki keahlian tanpa ijazah dilakukan oleh perguruan tinggi yang diberi wewenang untuk melaksanakannya.
B. Standar Kompetensi Guru Mapel di SD/MI, SMP/MTs,SMA/MA, dan SMK/MAK
Standar kompetensi guru dikembangkan secara utuh dari empat kompetensi utama, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Keempat kompetensi tersebut terintegrasi dalam kinerja guru.
Tabel standar kompetensi Guru Mapel di SD/MI, SMP/MTs,SMA/MA, dan SMK/MAK
2. Kualifikasi Akademik Guru Melalui Uji Kelayakan dan Kesetaraan
Kualifikasi akademik yang dipersyaratkan untuk dapat diangkat sebagai guru dalam bidang-bidang khusus yang sangat diperlukan tetapi belum dikembangkan di perguruan tinggi dapat diperoleh melalui uji kelayakan dan kesetaraan. Uji kelayakan dan kesetaraan bagi seseorang yang memiliki keahlian tanpa ijazah dilakukan oleh perguruan tinggi yang diberi wewenang untuk melaksanakannya.
B. Standar Kompetensi Guru Mapel di SD/MI, SMP/MTs,SMA/MA, dan SMK/MAK
Standar kompetensi guru dikembangkan secara utuh dari empat kompetensi utama, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Keempat kompetensi tersebut terintegrasi dalam kinerja guru.
Tabel standar kompetensi Guru Mapel di SD/MI, SMP/MTs,SMA/MA, dan SMK/MAK
No.
|
KOMPETENSI INTI GURU
|
KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN
|
|
|
|
|
|
Kompetensi Pedagodik
|
|
|
|
1
|
Menguasai karakteristik
|
1.1
|
Memahami karakteristik peserta
didik
|
|
peserta didik dari aspek fisik,
|
yang berkaitan dengan aspek fisik,
|
|
|
moral, spiritual, sosial,
kultural,
|
intelektual, sosial-emosional,
moral,
|
|
|
emosional, dan intelektual.
|
spiritual, dan latar belakang
sosial-
|
|
|
|
budaya.
|
|
|
|
1.2
|
Mengidentifikasi potensi peserta
didik
|
|
|
dalam mata pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
1.3
|
Mengidentifikasi bekal-ajar awal
peserta
|
|
|
didik dalam mata pelajaran yang
diampu.
|
|
|
|
1.4
|
Mengidentifikasi kesulitan belajar
peserta
|
|
|
didik dalam mata pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
|
|
2
|
Menguasai teori belajar dan
|
2.1
|
Memahami berbagai teori belajar
dan
|
|
prinsip-prinsip pembelajaran
|
prinsip-prinsip pembelajaran yang
|
|
|
yang mendidik.
|
mendidik terkait dengan mata
pelajaran
|
|
|
|
yang diampu.
|
|
|
|
2.2
|
Menerapkan berbagai pendekatan,
|
|
|
strategi, metode, dan teknik
pembelajaran
|
|
|
|
yang mendidik secara kreatif dalam
mata
|
|
|
|
pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengembangkan kurikulum
|
3.1
|
Memahami prinsip-prinsip
|
|
yang terkait dengan mata
|
pengembangan kurikulum.
|
|
|
pelajaran yang diampu.
|
3.2
|
Menentukan tujuan pembelajaran yang
|
|
|
diampu.
|
|
|
|
3.3
|
Menentukan pengalaman belajar yang
|
|
|
sesuai untuk mencapai tujuan
|
|
|
|
pembelajaran yang diampu.
|
|
|
|
3.4
|
Memilih materi pembelajaran yang
|
|
|
diampu yang terkait dengan
pengalaman
|
|
|
|
belajar dan tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
3.5
|
Menata materi pembelajaran secara
|
|
|
benar sesuai dengan pendekatan
yang
|
|
|
|
dipilih dan karakteristik peserta
didik.
|
|
|
|
3.6
|
Mengembangkan indikator dan
instrumen
|
|
|
penilaian.
|
|
|
|
|
|
4
|
Menyelenggarakan
|
4.1
|
Memahami prinsip-prinsip
perancangan
|
|
pembelajaran yang mendidik.
|
pembelajaran yang mendidik.
|
|
|
|
4.2
|
Mengembangkan komponen-komponen
|
|
|
rancangan pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3
|
Menyusun rancangan pembelajaran
yang
|
|
|
lengkap, baik untuk kegiatan di
dalam
|
|
|
|
|
kelas, laboratorium, maupun
lapangan.
|
|
|
4.4
|
Melaksanakan pembelajaran yang
|
|
|
mendidik di kelas, di
laboratorium, dan di
|
|
|
|
lapangan dengan memperhatikan
standar
|
|
|
|
keamanan yang dipersyaratkan.
|
|
|
|
4.5
|
Menggunakan media pembelajaran dan
|
|
|
sumber belajar yang relevan dengan
|
|
|
|
karakteristik peserta didik dan
mata
|
|
|
|
pelajaran yang diampu untuk
mencapai
|
|
|
|
tujuan pembelajaran secara utuh.
|
|
|
|
4.6
|
Mengambil keputusan transaksional
|
|
|
dalam pembelajaran yang diampu
sesuai
|
|
|
|
dengan situasi yang berkembang.
|
|
|
|
|
|
5
|
Memanfaatkan teknologi
|
5.1
|
Memanfaatkan teknologi informasi
dan
|
|
informasi dan komunikasi
|
komunikasi dalam pembelajaran yang
|
|
|
untuk kepentingan
|
diampu.
|
|
|
pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Memfasilitasi pengembangan
|
6.1
|
Menyediakan berbagai kegiatan
|
|
potensi peserta didik untuk
|
pembelajaran untuk mendorong
peserta
|
|
|
mengaktualisasikan berbagai
|
didik mencapai prestasi secara
optimal.
|
|
|
potensi yang dimiliki.
|
6.2
|
Menyediakan berbagai kegiatan
|
|
|
pembelajaran untuk mengaktualisasikan
|
|
|
|
potensi peserta didik, termasuk
|
|
|
|
kreativitasnya.
|
|
|
|
|
|
7
|
Berkomunikasi secara efektif,
|
7.1
|
Memahami berbagai strategi
|
|
empatik, dan santun dengan
|
berkomunikasi yang efektif,
empatik, dan
|
|
|
peserta didik.
|
santun, secara lisan, tulisan, dan/atau
|
|
|
|
bentuk lain.
|
|
|
|
7.2
|
Berkomunikasi secara efektif,
empatik,
|
|
|
dan santun dengan peserta didik
dengan
|
|
|
|
bahasa yang khas dalam interaksi
|
|
|
|
kegiatan/permainan yang mendidik
yang
|
|
|
|
terbangun secara siklikal dari (a)
|
|
|
|
penyiapan kondisi psikologis
peserta didik
|
|
|
|
untuk ambil bagian dalam permainan
|
|
|
|
melalui bujukan dan contoh, (b)
ajakan
|
|
|
|
kepada peserta didik untuk ambil
bagian,
|
|
|
|
(c) respons peserta didik terhadap
ajakan
|
|
|
|
guru, dan (d) reaksi guru terhadap
|
|
|
|
|
respons peserta didik, dan
seterusnya.
|
8
|
Menyelenggarakan penilaian
|
8.1
|
Memahami prinsip-prinsip penilaian
dan
|
|
dan evaluasi proses dan hasil
|
evaluasi proses dan hasil belajar
sesuai
|
|
|
belajar.
|
dengan karakteristik mata
pelajaran yang
|
|
|
|
diampu.
|
|
|
|
8.2
|
Menentukan aspek-aspek proses dan
|
|
|
hasil belajar yang penting untuk
dinilai
|
|
|
|
dan dievaluasi sesuai dengan
|
|
|
|
karakteristik mata pelajaran yang
diampu.
|
|
|
|
8.3
|
Menentukan prosedur penilaian dan
|
|
|
evaluasi proses dan hasil belajar.
|
|
|
|
8.4
|
Mengembangkan instrumen penilaian
|
|
|
dan evaluasi proses dan hasil
belajar.
|
|
|
|
8.5
|
Mengadministrasikan penilaian
proses
|
|
|
dan hasil belajar secara
|
|
|
|
berkesinambungan dengan mengunakan
|
|
|
|
berbagai instrumen.
|
|
|
|
8.6
|
Menganalisis hasil penilaian
proses dan
|
|
|
hasil belajar untuk berbagai
tujuan.
|
|
|
|
8.7
|
Melakukan evaluasi proses dan
hasil
|
|
|
belajar.
|
|
|
|
|
|
9
|
Memanfaatkan hasil penilaian
|
9.1
|
Menggunakan informasi hasil
penilaian
|
|
dan evaluasi untuk
|
dan evaluasi untuk menentukan
|
|
|
kepentingan pembelajaran.
|
ketuntasan belajar
|
|
|
|
9.2
|
Menggunakan informasi hasil
penilaian
|
|
|
dan evaluasi untuk merancang
program
|
|
|
|
remedial dan pengayaan.
|
|
|
|
9.3
|
Mengkomunikasikan hasil penilaian
dan
|
|
|
evaluasi kepada pemangku
kepentingan.
|
|
|
|
9.4
|
Memanfaatkan informasi hasil
penilaian
|
|
|
dan evaluasi pembelajaran untuk
|
|
|
|
meningkatkan kualitas
pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
10
|
Melakukan tindakan reflektif
|
10.1
|
Melakukan refleksi terhadap
|
|
untuk peningkatan kualitas
|
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
|
|
|
pembelajaran.
|
10.2
|
Memanfaatkan hasil refleksi untuk
|
|
|
perbaikan dan pengembangan
|
|
|
|
pembelajaran dalam mata pelajaran
yang
|
|
|
|
diampu.
|
|
|
|
10.3
|
Melakukan penelitian tindakan
kelas
|
|
|
untuk meningkatkan kualitas
|
|
|
|
pembelajaran dalam mata pelajaran
yang
|
|
|
|
diampu.
|
|
Kompetensi Kepribadian
|
|
|
|
11
|
Bertindak sesuai dengan
|
11.1
|
Menghargai peserta didik tanpa
|
|
norma agama, hukum, sosial,
|
membedakan keyakinan yang dianut,
|
|
|
dan kebudayaan nasional
|
suku, adat-istiadat, daerah asal,
dan
|
|
|
Indonesia.
|
gender.
|
|
|
|
11.2
|
Bersikap sesuai dengan norma agama
|
|
|
yang dianut, hukum dan sosial yang
|
|
|
|
berlaku dalam masyarakat, dan
|
|
|
|
kebudayaan nasional Indonesia yang
|
|
|
|
beragam.
|
|
|
|
|
|
12
|
Menampilkan diri sebagai
|
12.1
|
Berperilaku jujur, tegas, dan
manusiawi.
|
|
pribadi yang jujur, berakhlak
|
12.2
|
Berperilaku yang mencerminkan
|
|
mulia, dan teladan bagi
|
ketakwaan dan akhlak mulia.
|
|
|
peserta didik dan masyarakat.
|
12.3
|
Berperilaku yang dapat diteladan
oleh
|
|
|
peserta didik dan anggota
masyarakat di
|
|
|
|
sekitarnya.
|
|
|
|
|
|
13
|
Menampilkan diri sebagai
|
13.1
|
Menampilkan diri sebagai pribadi
yang
|
|
pribadi yang mantap, stabil,
|
mantap dan stabil.
|
|
|
dewasa, arif, dan berwibawa.
|
13.2
|
Menampilkan diri sebagai pribadi
yang
|
|
|
dewasa, arif, dan berwibawa.
|
|
|
|
|
|
14
|
Menunjukkan etos kerja,
|
14.1
|
Menunjukkan etos kerja dan
tanggung
|
|
tanggung jawab yang tinggi,
|
jawab yang tinggi.
|
|
|
rasa bangga menjadi guru,
|
14.2
|
Bangga menjadi guru dan percaya
pada
|
|
dan rasa percaya diri.
|
diri sendiri.
|
|
|
|
14.3
|
Bekerja mandiri secara
profesional.
|
15
|
Menjunjung tinggi kode etik
|
15.1
|
Memahami kode etik profesi guru.
|
|
profesi guru.
|
15.2
|
Menerapkan kode etik profesi guru.
|
|
|
15.3
|
Berperilaku sesuai dengan kode
etik
|
|
|
profesi guru.
|
|
|
|
|
|
Kompetensi Sosial
|
|
|
|
16
|
Bersikap inklusif, bertindak
objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama,
ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi
|
16.1
|
Bersikap inklusif dan objektif
terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam
melaksanakan pembelajaran.
|
|
|||
|
|||
|
16.2
|
Tidak bersikap diskriminatif
terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan
sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar belakang keluarga,
dan status sosial-ekonomi.
|
|
|
|||
|
|||
|
|
||
|
|
||
|
|
|
|
17
|
Berkomunikasi secara efektif,
|
17.1
|
Berkomunikasi dengan teman sejawat
|
|
empatik, dan santun dengan
|
dan komunitas ilmiah lainnya
secara
|
|
|
sesama pendidik, tenaga
|
santun, empatik dan efektif.
|
|
|
kependidikan, orang tua, dan
|
|
|
|
masyarakat.
|
17.2
|
Berkomunikasi dengan orang tua
peserta
|
|
|
didik dan masyarakat secara
santun,
|
|
|
|
empatik, dan efektif tentang
program
|
|
|
|
pembelajaran dan kemajuan peserta
didik.
|
|
|
|
|
|
|
|
17.3
|
Mengikutsertakan orang tua peserta
didik
|
|
|
dan masyarakat dalam program
|
|
|
|
pembelajaran dan dalam mengatasi
|
|
|
|
|
kesulitan belajar peserta didik.
|
18
|
Beradaptasi di tempat
|
18.1
|
Beradaptasi dengan lingkungan
tempat
|
|
bertugas di seluruh wilayah
|
bekerja dalam rangka meningkatkan
|
|
|
Republik Indonesia yang
|
efektivitas sebagai pendidik.
|
|
|
memiliki keragaman sosial
|
|
|
|
budaya.
|
18.2
|
Melaksanakan berbagai program
dalam
|
|
|
lingkungan kerja untuk
mengembangkan
|
|
|
|
|
dan meningkatkan kualitas
pendidikan di
|
|
|
daerah yang bersangkutan.
|
|
|
|
|
|
19
|
Berkomunikasi dengan
|
19.1
|
Berkomunikasi dengan teman
sejawat,
|
|
komunitas profesi sendiri dan
|
profesi ilmiah, dan komunitas
ilmiah
|
|
|
profesi lain secara lisan dan
|
lainnya melalui berbagai media
dalam
|
|
|
tulisan atau bentuk lain.
|
rangka meningkatkan kualitas
|
|
|
|
pembelajaran.
|
|
|
|
19.2
|
Mengkomunikasikan hasil-hasil
inovasi
|
|
|
pembelajaran kepada komunitas
profesi
|
|
|
|
sendiri secara lisan dan tulisan
maupun
|
|
|
|
bentuk lain.
|
|
|
|
|
|
Kompetensi Profesional
|
|
||
20
|
Menguasai materi, struktur,
|
|
Jabaran kompetensi Butir
20 untuk masing-
|
|
konsep, dan pola pikir
|
masing guru
mata pelajaran disajikan
setelah
|
|
|
keilmuan yang mendukung
|
tabel ini.
|
|
|
mata pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Menguasai standar
|
21.1
|
Memahami standar kompetensi mata
|
|
kompetensi dan kompetensi
|
pelajaran yang diampu.
|
|
|
dasar mata pelajaran yang
|
21.2
|
Memahami kompetensi dasar mata
|
|
diampu.
|
pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
21.3
|
Memahami tujuan pembelajaran yang
|
|
|
diampu.
|
|
|
|
|
|
22
|
Mengembangkan materi
|
22.1
|
Memilih materi pembelajaran yang
|
|
pembelajaran yang diampu
|
diampu sesuai dengan tingkat
|
|
|
secara kreatif.
|
perkembangan peserta didik.
|
|
|
|
22.2
|
Mengolah materi pelajaran yang
diampu
|
|
|
secara kreatif sesuai dengan
tingkat
|
|
|
|
perkembangan peserta didik.
|
|
|
|
|
|
23
|
Mengembangkan
|
23.1
|
Melakukan refleksi terhadap
kinerja
|
|
keprofesionalan secara
|
sendiri secara terus menerus.
|
|
|
berkelanjutan dengan
|
23.2
|
Memanfaatkan hasil refleksi dalam
|
|
melakukan tindakan reflektif.
|
rangka peningkatan
keprofesionalan.
|
|
|
|
23.3
|
Melakukan penelitian tindakan
kelas
|
|
|
untuk peningkatan keprofesionalan.
|
|
|
|
23.4
|
Mengikuti kemajuan zaman dengan
|
|
|
belajar dari berbagai sumber.
|
|
|
|
|
|
24
|
Memanfaatkan teknologi
|
24.1
|
Memanfaatkan teknologi informasi
dan
|
|
informasi dan komunikasi
|
komunikasi dalam berkomunikasi.
|
|
|
untuk mengembangkan diri.
|
24.2
|
Memanfaatkan teknologi informasi
dan
|
|
|
|
komunikasi untuk pengembangan
diri.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar